30 November 2012

Virus HIV / AIDS

11/30/2012 | 14 Comments
Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari HIV/AIDS sedunia, sudah tahu belum..??? Pastinya sudah, bahkan dalam hatainya ada yang bilang (gUa lebih tahu daripada Lu kali), jhe. Virus ini menyerang sistem kekebalan dalam tubuh kita dan bisa melumpuhkan segala sesuatu yang menjadi guard dalam body kita pada saat itu.


Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome  atau yang lebih akrab ditelinga kita dengan sebutan AIDS, ini merupakan sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat  virus HIV. Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus sangat berbahaya dan memperlemah sistem kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini sangat rentan terkena infeksi oportunistik ataupun mudah terkena kanker, meskipun penanganannya sangat intensif dan dapat memperlambat laju perkembangan virus tersebut namun sampai saat ini belum ada yang bisa benar-benar disembuhkan karena terjangkit virus ini. HIV bisa ditularkan atau menular melalui  darah, air mani (Peju), cairan vagina, cairan presminal dan air susu ibu, dengan cara berhubungan intim, tranfusi darah, jarum suntik, dan saat ibu menyusui anaknya. Ini merupakan versi orang ahli dan para peneliti, bagaimana menurut kita.???

Dan ini merupakan tahapan infeksi virus HIV/AIDS versi WHO tahun 1990.
  1. Stadium I: infeksi HIV asimtomatik dan tidak dikategorikan sebagai AIDS
  2. Stadium II: termasuk manifestasi membran mukosa kecil dan radang saluran pernapasan atas yang berulang
  3. Stadium III: termasuk diare kronik yang tidak dapat dijelaskan selama lebih dari sebulan, infeksi bakteri parah, dan tuberkulosis.
  4. Stadium IV: termasuk toksoplasmosis otak, kandidiasis esofagus, trakea, bronkus atau  paru-paru, dan sarkoma kaposi. Semua penyakit ini adalah indikator AIDS. 
Ini Cerita dulu yah, jhe..
Menurut banyak orang bukan dokter atau ahli penyakit tapi mereka2 yang memang sudah malang melintang dalam dunia penyakit (Buset, ada memangnya.??) kalau dunia persilatan pasti ada, jhee. Mereka sering bilang atau hanya anilisis mereka saja (kurang tahu), begini menurutnya: "Setiap orang yang sakit dan susah sekali disembuhkan atas penyakitnya itu rawan terkena virus yang namanya HIV/AIDS, meskipun tidak melakukan hal yang tercantum menurut para ahli, Lhooooo kok..??? (gua dan aku jadi tidak ngerti nih). jadi begini masih menurut mereka (tidak akan saya memberi tahu siapa), kekebalan tubuh kita atau anti body itukan memang hebat, namun dengan terus-terusan kita sakit maka kekebalan tubuh kita akan menurun dan lemah, walaupun dalam beberapa kali saat berobat kita bisa merasakan sembuh dan sehat namun saat penyakit itu datang kembali dan terus menerus secara berkesinambungan maka secara tidak langsung itu sudah terkena HIV/AIDS. Meskipun tidak benar positif terkena virus tersebut, (ough gua dan saya sekarang ngerti, mungkin menurut mereka itu duplikatnya, hampir ke persamannya). Itulah kata orang yang malang melintang, jheuu.. jadi mereka itu hanya membandingkan jika orang yang sakit dan tidak sembuh-sembuh, setelah berobatpun tetap sama, itu tandanya sama dengan mereka yang mengidap HIV/ADIS.

Bagaimana menurut kamu, sutuju tidak dengan cara penilaian mereka..??? (terserah saja we lah, jheee)
Oia, saya akan cerita lagi mengenai 1 Desember ini, begini ceritanya:
Sewaktu saya masih belajar, sekolah saya sering memperingati hari HIV/AIDS ini. Hari hari sebelumnya para OSIS memperisapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari AIDS ini (bukan bangga terkena HIV/AIDS, tapi kita ingin mengingatkan akan bahayanya, dan mudah-mudahan anak seusia saya dulu tidak melakukan hal-hal yang dapat menularkan dan mempermudah jalannya virus tersebut, ML, Suntik2an dll). Maka para osis berkumpul membuat pita yang kita kenal hingga saat ini sebagai lambang dari peringatan HIV/AIDS sedunia, saat memaski gerbang anak-anak sekolah diberikan satu persatu lambang atau pita tersebut sebagai tanda kita peduli terhadap kesehatan dan juga generasi yang akan datang, setelah memasuki kelas lalu kita berinisiatif memberikan sumbangan buat mereka2 yang kurang beruntung seperti kita saat ini, dan hasil sumbangannya disalurkan kepada lembaga tertentu yang menampung dan mengurus orang-orang kurang beruntung tersebut.

Ternyata hal yang saya lakukan pada waktu yang lalu itu sekarang berdampak positif, salah satunya saya masih bisa mengingat beberapa pesan saat peringatan HIV/ AIDS, yang menbuat kita harus lebih berhati2 dalam bergaul (tapi, tanpa pilih2 yah). Mungkin itu saja cerita singkat saya, jjheheu (padahal mah uda panjang banget, gkgkgkgkg).

Jaga selalu diri kita, keluarga, sahabat dan teman-teman, agar selalu sehat dan kuat (iklan).
Selamat Hari HIV/AIDS, mudah-mudahan kita masih dalam keadaan sehat.. ammiiiienn

01 Desember
Tags :

14 comments:

  1. berkunjung di pagi yang cerah sobat sambil membaca artikel yg teramat sangat penting dan bermanfaa,,,sucess cllu untuk sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya..
      amiin, semoga bermanfaat.. sukses jua untuk anda sob..

      Delete
  2. Penyakit tanpa obat,... :s
    Nice share sob,... mengingatkan kita untuk selalu berhati2,... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahn nanti ada obatnya, amiin..
      oke, thans yah Lee shine,,, salam siank.. :P

      Delete
  3. Benar sekali sobat, kita harus bisa mengambil hikmah peringatan ini, dan sebaiknya kita perlu hati^ dan waspada dalam pergaulan, jangan suka mengikuti pergaulan bebas....
    selamat dan sukses sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas sob atas kunjungannya..
      sukses selalu, selamat malam ucapan dari saya yah.. jheueu..

      Delete
  4. bener..mas
    di mulai dari diri pribadi dahulu....

    jd lebih peduli lagi ya...bis baca posting ini
    salam sehat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jheuueue,, oke.. terima kasih mas sen atas kunjungannya..
      perjuangkan hidup sehat,, :P

      Delete
  5. apapun penjelasan, pengertian, dan defenisinya, pokoknya " SAY NO TO DRUG !!! "
    ---------

    Jangan lupa visit My Blog yah :D






    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sob, salam suksea yah..

      pasti, nanti akan berkunjung kembalaui.. :P

      Delete
  6. Replies
    1. Siap, bener juga tuh... jheueu.
      salam sukses dan sehat..

      Delete
  7. wach terima kasih mas iatas nfo'nya sangat bermanfaat.. n slam shat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, amiiin.. mudah2n yh bermanfaat juga buat semuanya.. salams ehat selalu.. :P

      Delete