09 May 2013

Perbedaan Virus HIV dan AIDS

5/09/2013 | 16 Comments
Terinspirasi dan menjadi penasaran setelah melihat data yang menyebutkan bahwa penderita HIV/AIDS dipisahkan dalam pembuatan laporannya, lalu bertanya dalam hati (koq dipisah, memangnya antara HIV dan AIDS itu beda yah.?). Pertanyaan dalam hati ini akhirnya terjawab juga setelah saya kembali mengotak-ngatik mbah google dan ternyata banyak sumber yang menyebutkan perbedaannya. Meskipun dulu pernah membahas tentang Virus HIV/AIDS dan belum sampai akhir.

HIV (Human Immunodeficieny Virus),
HIV adalah singkatan Human Immunodeficiency virus, yaitu virus awal yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia hingga akhirnya menimbulkan AIDS. HIV menyerang sel-sel darah putih sistem kekebalan tubuh. Sel yang bernama limfosit ini bertugas menangkal infeksi yang menyerang tubuh manusia. Sel ini juga disebut sel T-4, atau sel T penolong (T-helper). Virus HIV ini merupakan virus yang akan merusak semua sistem kekebalan tubuh manusia dan dalam jangka yang cukup panjang sekitar 2-10 tahun bahkan lebih baru akan melangkah ke tahap selanjutnya yang dinamakan AIDS.

Orang yang terkena HIV pada dasarnya adalah orang yang sehat sama seperti orang pada umumnya namun sangat jelas bahwa orang yang terkena HIV sudah pasti akan terkena AIDS meskipun waktunya belum bisa ditentukan kapan dan berapa lama. Karena HIV virus ini samapai saat ini belum ada obat yang pasti dan belum bisa disembuhkan namun bisa diperlambat dengan cara gaya hidup sehat supaya lebih lama untuk menuju AIDS, namun ini sebenarnya juga tidak menjamin.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom),
AIDS atau Sindrom Cacat Kekebalan Tubuh Dapatan, yaitu sekumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh manusia dan sistem kekebalannya sesudah dirusak oleh virus HIV. AIDS ini begitu fatal dan sangat berbahaya karena menimbulkan kerusakan progress pada sistem tubuh manusia.

Itulah perbedaan yang saya ketahui dari berbagai sumber, yang jelas sebelum melangkah dan masuk ke AIDS kita akan dihadapkan pada satu virus awal yang menyerang tubuh yaitu HIV setelah virus ini berdiam lama pada tubuh manusia dan berkembang maka akan berubah menjadi AIDS apabila sistem kekebalan tubuh kita benar2 rusak dibombardir oleh HIV. Badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang menangani masalah HIV/AIDS, Indonesia merupakan negara yang paling cepat dalam tingkat penyebaran virusnya untuk tingkat Asia.

Catt: Mudah-mudahan kita terjaga dan terhindar dari penyakit tersebut, amiiin..
Tags :

16 comments:

  1. wah mantap gan ngeri juga kalau kena HIV

    ReplyDelete
  2. HIV atau AIDS ampun dech jauh-jauh dari diriku huhuhu

    ReplyDelete
  3. Pencegahan memang paling penting ya mas
    di samping kita juga harus tau...penyebab penularannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak mau tahu ach mas Budi,ngeriiii hehe

      Delete
    2. Budi OS* betul mas, tepat sekali..

      Dede Thea* wkwkwkwk,,, kg dulur nu ieu mah sok rada2.. hehe :)

      Delete
  4. owh.. jadi antara Virus HIV dan Virus AIDS berbeda ya kang .... ngeri juga ya klo sampe kekebalan tubuh kena.... yg penting jaga kesehatan ya kang, sehingga terhindar dari macam2 penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. muhun, berbeda kang Eka..
      amiinn, mudah2n kita selalu sehat dan terhindar.. sukses sehatnya.. :)

      Delete
  5. walauopun berbeda, tapi bahanya tetap sama dan berujung kematian.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. thanks Multitania Primadara,, hehe :)

      Delete
  7. visit and follow me back :D
    http://wickedguts.blogspot.com

    ReplyDelete