16 October 2012

Makanan Tradisional Cianjur

10/16/2012 | No comment
Seiring berjalannya waktu dan perkembangan Jaman yang semakin pesat termasuk dalam dunia makanan, makanan modern (Junk Food) telah menggeser makanan tradisional (Traditional Food) yang sudah mengakar diklangan masyarakat. Termasuk beberapa jenis makan tradisional yang berasal dari daerah saya ini (Cianjur), yang semakin hilang exisnya (Provider kali), existensi maksudnya.
Ada 2 jenis makanan , bahkan lebih yang semaki lama semakin meredup. Diantaranya tersebut adalah:
1. Tauco
Hiji kadaharan khas Cianjur anu asal na ti negeri Cina, dijieun na masih keneh secara tradisional sareng bahan utami na tina kacang kadele/kedelai tea.

Tauco adalah salah satu makanan tradisional Indonesia khas cianjur yang berasal dari negeri Cina, berbahan utama kacang kedelai dan masih diproses secara tradisional, pada umumnya digunakan sebagai penyedap dalam berbagai hidangan sehari-hari. Tauco diperoleh dari hasil fermentasi kedelai dengan kapang dan larutan garam. tauco ini memang terkenal di Indonesia khususya daerah Jawa Barat, tau kan??
karena tauco memiliki aroma dan rasa yang khas, pada umumnya tauco dibuat secara spontan dan ini akan mempengaruhi terhadap rasa maupun kandungan protein yang ada didalamnya, tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pembuatan tauco, meliputi: perendaman, pencucian, pengukusan, penirisan, penambahan laru, fermentasi kapang dengan dilanjutkan dengan perendaman dalam air garam (fermentasi garam) dan yang terakhir adalah tahapan penyempurnaan. Untuk perendaman biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama sekitar 20-22 jam.

Jenis tauco ada dua macam yaitu berbentuk kering dan berbentuk basah, sedangkan dari rasanya dibedakan atas rasa asin dan manis. perbedaannya dari jumlah kadar air dan gula yang ditambahkan. Bahan utama dalam pembuatan tauco ini adalah kacang kedelai hitam dan kedelai kuning, tetapi bahan yang banyak digunakan adalah kacang kedelai hitam, dan bahan tambahannya adalah tepung terigu,  tepung beras ataupun tepung beras ketan. Pabrik tauco tertua adalah pabrik tauco cap meong, didirikan tahun 1880 di kota Cianjur.


2. Manisan Cianjur
Cianjur memang terkenal, (promosi, jhe). Apalagi buat kamu yang belum pernah ke Cianjur, yang kamu tahu tentang Cianjur itu pasti masalah beras yang terkenal mantaaap (Pandanwangi), terus tauco yang sudah menjadi ikon makanan Cianjur, Bener ga???
 ternyata Cianjur tidak hanya terkenal dengan makanan tradisionalnya seperti tauconya saja, makanan lain yang terkenal dari daerah Cianjur itu adalah manisan Cianjur.

Manisan Cianjur ini mungkin sama dengan manisan pada umumnya seperti di daerah lainnya juga, terbuat dari buah-buahan mentah dan sayuran yang diawetkan dengan menggunakan bahan pemanis berupa gula pasir dan juga sedikit pewarna supaya terlihat cantik dan awet (pewarnannya aman koq).
berbagai buah-buahan yang dijadikan manisan diantaranya, mangga, salak, pala, cereme dan masih banyak lagi, banyak sangat dech..

Jenis manisan yang menjadi ciri khas Cianjur itu ada 3 macam termasuk dari jenis manisan pada umumnya:
1. Manisan Basah
Manisan yang diperoleh setelah penirisan buah dari larutan garam dan cenderung mempunyai banyak kadar air, buah-buahannya adalah:
kolang kaling, mangga, kedondong, salak, pepaya, ceremai, nangka dll
2. Manisan Kering
Manisan yang diperoleh setelah penirisan buah dan langsung dijemur, ini biasanya lebih awet.
buah-buahannya adalah:
kedondong, asam jawa, bengkuang, pala.
3. Manisan Acar
Manisan yang cita rasa cukanya terasa dan identik dengan sayuyan.
sayuran, buahnya adalah:
kedondong, wortel dan mentimun.
Jangan lupa kalau berkunjung ke Cianjur (mampir ke rumah saya) jhe, untuk mencoba makanan khas daerah Cianjurnya. Tauco dan Manisan Cianjur.
Selamat berpetualang dan menikmati cita rasa Nusantara sebelah barat Pulau Jawa.
Tags :

No comments:

Post a Comment