22 June 2015

Lima Fase Hidup Mati Manusia

6/22/2015 | 30 Comments
Bismillah, Salam 21.
Tidak terasa tahun hijriah sudah 1436, puasa pun sudah berkali-kali bahkan berpuluh-puluh kali kita lewati baik dengan keadaan suka maupun dengan keadaan duka.

Berawal dari Saya membaca di Taman Bacaan Koraderi, Saya menemukan buku yang berjudul 'Pedoman Hidup Ber-Pribadi Menurut Islam' dengan cetakan pertamanya adalah tahun 1968 dan dengan ejaan yang belum disempurnakan (Tj=C, J=Y, Nja=Nya dll), cukup lama sekali buku itu ada di taman bacaan Saya sampai terlihat bulukan (karena jarang dibaca).

Dalam buku itu ada yang menarik perhatian Saya yaitu tentang Lima Fase Hidup Mati Manusia, judul pasal aslinya 'Lima Pase Dalam Keseluruhan Hidup-Mati Manusia, Fasal 6'. Saya membaca lebih ke penasaran saja karena sebelumnya juga sudah pernah dengar tapi dengan alasan kira-kira sama tidak antara yang didengar dengan bacaan buku jaman dulu, dan Saya akan menuliskan sedikit tentang isi buku tersebut.

Ini gambarnnya,

Jadi lima fase menurut buku itu, yaitu:
1. Alam Arwah
Alam dimana kita bisa mengetahui hakikat roh, yaitu sesuatu yang halus bahkan sesuatu yang tidak bertubuh, setinggi-tingginya ilmu pengetahuan manusia sampai sekarang baru hanya sampai melepaskan beberapa roket kebulan dalam rangka percobaan untuk mengetahui permukaannya. -isi buku-

2. Alam Dunia yang Fana
Tentang alam ini atau dunia, ternyata kita sudah terjun sendiri, sedang dirasakan dan sedang dijalani oleh setiap manusia yang sudah melewati fase pertama, dan didunia ini juga manusia akan mengalami yang namanya 5B - Ber-Pribadi, Ber-Keluarga, Ber-Masyarakat, Ber-Negara, Ber-Internasional -

3. Alam Barzah
Alam dimana setiap roh keluar tubuh lantas terbang lepas bebas sampai terjadinya hari kiamat atau sampai saat dikumpulkan kembali di padang yang sangat luas. -isi buku-

4. Padang Mahsyar
Fase keempat dimana setiap umat manusia dikumpulkan/dihidupkan kembali, artinya setiap roh dimasukan kembali kedalam tubuh, apakah tubuh lama yang dikuburkan dulu setelah mati, ataukah tubuh baru, tentunya hal ini kecil bagi Tuhan YM Kuasa, dipadang yang luas itu masing-masing manusiaakan menerima laporan tentang apa-apa yang dikerjakannya selama hidup didunia. -isi buku-

5. Surga ------ Neraka
Allah swt banyak berfirman tentang fase yang kelima ini atau akhir dan fase yang akan kekal selama-lamanya nanti (Jannah, Firdaus dll) -isi buku-
- Surat Al-Kahfi 107 dan 108 - - Surat Ali imron 131-133 -
Tags :

30 comments:

  1. satu sudah terlewati,yang kedua sedang dijalani...
    ke tiga,empat dan lima....keknya harus memperbanyak amalan untuk mendapat tiket resminya ya mas....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, tiket resminya hanya bisa didapatkan dari amalan yang baik, mudah2n kita termasuk didalamnya, aamiin. :)

      Delete
    2. eh...tumben banget mang Reo komentarnya bener...pas minum obatnya ya mang

      Delete
    3. Alhamdulillah...kang Reo udah rada sembuh

      Delete
    4. hahha, jangan diledekin nanti ga jadi sembuh kang, :)

      Delete
  2. lima fase yang tidak bisa harus di lewati dan di jalani para manusia di seluruh agad raya ini, sebagai ciptaan-Nya tentu lima fase kehidupan manusia ini menjadi bahan perenungan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh kangm fase yang hukumnya wajib dilewati, hhe
      tarima kasih kunjungannya. :)

      Delete
  3. dari kelima fase di atas tujuan yg terakhir adalah antara Surga dan Neraka, tergantung bagaimana kita jalan kita ingin memilih, semuanya sudah ada ketentuannya masing2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya leres pisan kang, sudah ada ketentuannya masing2, :)

      Delete
    2. iya kang. Kalau kita ingin Masuk Surga ya ikutilah petunjuk2 agar kita bisa masuk Surga, kecuali ingin sebaliknya... gitu kan ya kang Maksudnya :)

      Delete
    3. aamiin ya robbal alamiin. :)

      Delete
  4. Inilah fase yang harus dijalain ya kan mas Ram..?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Silahkan mas Rip, :) terima kasih kunjungannya.

      Delete
  6. Melewati satu fase aja susahnya naufzubillah kang... cobaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, cobaannya terlalu berat ya, salam gemsor :)

      Delete
  7. Teringan saat Kecil mengaji dulu, seorang Ustadz juga menjelaskan tentang 5 Fase yang akan dijalani manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fase yang wajib dilalui oleh setiap umat manusia, :)

      Delete
  8. Wilujeng enjing Kang Ramli, kumaha damang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wilujeng enjing sawangsul na kang, alhamdulilah sae kang, kumha swangsul na sae?

      Delete