24 March 2013

Menjadi Konsumen yang Paham dan lebih cerdas

3/24/2013 | 35 Comments
Era globalisasi erat kaitannya dengan kemajuan jaman yang semakin canggih serba instan dan ringan, dunia perdagangan yang semakin bersaing memaksa produsen  diadakannya pasar terbuka internasional sebagai salah satu solusi untuk menyeimbangkannya perkembangan konsumsi dan produksi jaman. Sebagai dampak dari pasar terbuka internasional ini maraknya barang-barang impor di suatu Negara bahkan barang impor bisa melebihi produksi normal asli produk dalam negerinya sendiri.

Semakin terbuka dan bebasnya perdagangan internasional ada pihak-pihak terkait yang jelas merasa dirugikan dengan maraknya barang yang beredar dipasaran yaitu Pihak Konsumen. Sekilas memang tidak masuk akal namun perkembangan perdagangan yang pesat menyebabkan produksi yang super pesat juga yang tanpa disadari akan menurunkan hasil daripada tingkat kulitas barang yang sedang diproduksi.

Menjadi Konsumen yang Paham dan lebih Cerdas merupakan keharusan setiap konsumen yang ingin mendapatkan barang yang di konsumsinya berkualitas bisa dikatakan ini salah satu syarat mutlak bagi setiap konsumen. Ada beberapa kiat untuk mendapatkan barang berkualitas agar menjadi konsumen yang cerdas, diantaranya :
  1. Teliti sebelum membeli, ini hal dasar dalam setiap transaksi antara penjual dan pembeli yang harus kita ketahui (harga, kualitas barang, kondisi terkini dan harga yang ditawarkan)
  2. Perhatikan Label, hal selanjutnya yang harus dijadikan acuan adalah label produk semakin bagus dan terkenal label produknya barangnyapun biasanya semakin terjamin kualitasnya.
  3. Kartu Manual Garansi dan Kadaluarsa, selanjutnya adalah garansi dan kadaluarsa sebagian produk terkenal biasanya selalu memberikan garansi dan tanggal kadaluarsa untuk menjamin dan menjaga kualitas produksinya supaya tetap aman untuk masyarakat.
  4. Produk harus sesuai K3L, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan harus diperhatikan terlebih agar kita nyaman menggunakannya dan aman untuk lingkungan.
  5. Membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan, sebagai konsumen yang cerdas tentu anda akan memngutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan semata, ini merupakan solusi terbaik.
Dengan kita paham cara membeli dan bertaransaksi yang baik maka akan meningkatkan kualitas barang yang kita beli dan konsumsi dan tentunya membuat kita menjadi lebih cerdas sebagai konsumen. Sebagai informasi banyak produk yang beredar dipasaran yang jelas-jelas tidak layak untuk kita konsumsi dan tidak Berstandar secara Nasional, ini menunjukan bahwa barang yang beredar saat ini sebagian besar belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementrian Perdagangan. Banyak produk yang tidak lulus uji mulai dari tidak memenuhi SNI, melanggar manual kartu garansi dan tanggal kadaluarsa, label yang salah dan masih yang lainnya yang membuat kita sebagai konsumen yang cerdas harus lebih berhati-hati.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan konsumen memang sudah diatur dalam Perundang-undangan dan penegakan hukum untuk perlindungan konsumen sebagai salah satu cara untuk melindungi konsumen dari berbagai macam produk yang kurang baik dan banyak beredar di kalangan luas masyarakat. Untuk info lengkap mengenai produk dan lisensi serta standar yang ditetapkannya bisa lihat di http://ditjenspk.kemendag.go.id/

Kiat terakhir untuk konsumen cerdas saat membeli barang yang berbentuk kiloan, jangan lupa untuk menimbang kembali hasil kiloan sang penjual agar sesuai dengan harapan anda dan agar salah satu pihak tidak ada yang dirugikan. Jadilah Konsumen yang Paham dan lebih Cerdas dalam memilih produk saat bereblanja


Tags :

35 comments:

  1. Replies
    1. Hheueu,
      Hatur nuhun akh..
      Tampil att di SEO tah..
      Nu Ieu mh Khusus Beginner da.. Hahah

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih kawan..
      salam sukses untuk kamar Sebelah dech :)

      Delete
  3. setuju mas ramlie
    jangan sampai terkecoh
    sekarang banyak pedagang nakal. jadi dari kita sendiri yang harus waspada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip,
      Memang benar sekarang banyak pedagang yg nakal dan kurang bertanggungjawab.. :)

      Delete
  4. di indonesia masih byk org2 yg tdk peduli dgn SNI, mungkin daya beli masyarakat masih rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya belinya masyarakat Indonesia itu tinggi mbak namun kesadaran akan kualitas produknya yang masih rendah. begitu katanya,, :)

      Delete
  5. kalau saya suka beli Velg bukan SNI karena lebih murah, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah,,
      Tapi asal kita selektif ajj asti bisa murah berkualitas meskipun tidak SNI.. (mudah2n) hahhaha

      Delete
  6. Naaahh ini baru nih artikel maknyoozzz,membuat yang baca menjadi cerdas,,sok ah di do'akeun sing lancar Jang Ramlie,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin,
      hatur nuhun pisan doa na kang..
      hatur nuhun terima kasih kang.. wilujeung wengi att ayena mh :)

      Delete
  7. Para wanita harus tau ini !
    hehee...
    apa lagi kiat cerdas yang terakhir itu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhah, ia betul mbak..
      semua yg merasa konsumen dan pembeli harus tahu tentang ini..

      kayanya wanita lebih suka yg kiloan dech,, hheheheh

      Delete
  8. wah ini yang susah ms,,,selama ini yg saya jalanin msh banyak yang belum punya prinsip di atas dalam arti menyalahgunakan kepercayaan,,,sip topiknya ms mudah"n cenderung berfikir bagi yang ....... sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2n kedepannya bisa mempuanyai prinsip tentang ini att mas,, hhhee
      salam sukses mas Cahyo Jm

      Delete
  9. Point ke lima..yg saya rasa jauh di perhatiin sama masyarkt kita ya mas....
    Terkadang malah kebalikannya...hal yg bukan menjadi prioritas penting terkadang di bela2in...
    -----
    Walaupun memang...uang2 mereka sih.... Hehe :)
    Good post mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha,,
      saya setuju mas, hal kelima merupakan momok yg paling menakutkan untuk masyarakat kita..
      mementingkan keinginan daripada kebutuhan,, jheueu..
      Terima kasih mas.. :)

      Delete
  10. SEJAK tahun lalu, pemerintah telah menetapkan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional (HKN) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2012. Momentum HKN tersebut, sejatinya menjadi menjadi spirit bagi semua pihak untuk mengampanyekan “Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen”.

    Artikel diatas sangat menarik dan bermanfaat. Semoga menjadi suplemen pemikiran bagi semua pihak untuk mewujudkan konsumen cerdas.

    http://bit.ly/11KskGl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat pisan kang Sehabudding Aziz.. Terima kasih atas pengetahuannya, bermanfaat buat saya dan para konsumen lainnya kang.. semoga ini menjadi referensi untuk menjadi konsumen yang cerdas dan paham akan kualitas produknya.. :)

      Terima kasih.. :)

      Delete
  11. sekarang byk sekali pemalsuan barang2 yg persis dgn aslinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar dan Tepat sekali mbak Ina, mudah2n kita bisa tetap aman dan nyaman sebagai konsumen.. :)

      Delete
  12. Jika konsumen lebih paham dan cerdas akan meminimalkan kecurangan dalam pemasaran produk. nice artikel sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul Mas Uda Awak, tepat sakali..
      Karena kita tentunya bisa memilih dan memilah barang mana yg sekiranya sesuai dengan Standar yg telah ditetapkan.. :)
      Terima ksih mas Uda :)

      Delete
  13. mantap pstingana kang.... sumuhun jaman ayeuna mah seueur pamalsuan produk dengan memakai PSG yang denok dan bohay hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih hatur nuhun :)
      Leres pisan kang Yono ayena banyak pisan penipuan ka konsumen :)
      Komo mun tos ningal nu denok sareng bahenol mah langsung lieur konsumen teh.. hheueuue..

      Delete
    2. iya mang Yon,gigi aja sudah dipalsukan sekarang mah hihi

      Delete
  14. sekarang blog saya sudah memenuhi standart SNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mantapp.. hheihehhehe
      saya mengucapkan selamt saja dech :)

      Delete
  15. wilujeng siang kang,,,,salam sukses dan ngopi siang hixhixhix....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wilujeng siang oge,, :)
      terima kasih kang.. :P

      Delete
  16. khusus produk makanan & kosmetik, jngn lupa , masa expirenya harus di cek

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas,, terima kasih infonya.. :)
      salam sukses mas Yusuf.. :)

      Delete
  17. betul sekali itu sobat, harus teliti, biarlah harga mahal tapi kualitas produk bagus dan tahan lama. biar memuaskan. salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali,
      terima kasih atas komentarnya kawan..
      salam sukses kembali :)

      Delete