21 June 2013

Tumbuhan Pencegah Infeksi Virus HIV

6/21/2013 | 15 Comments
Penyakit itu memang salah satu ujian dari yang maha Kuasa terhadap diri kita, namun adakalanya penyakit itu datang karena kecerobohan kita sendiri. Setiap penyakit tentunya mempunyai obatnya masing-masing dan tentunya sudah pasti bisa disembuhkan namun memerlukan waktu yang tidak sebentar bahkan berpuluh-puluh tahun untuk sekedar menyembuhkannya.

Dari beberapa sumber kesehatan yang saya baca, ternyata ada tumbuhan yang bisa mencegah datangnya penyakit yang membahayakan, yaitu Jamur. Jamur ini bisa mencegah datangnya penyakit HIV dan bisa melangsingkan tubuh, mau tahu.??

Jenis-jenis jamur tersebut diantaranya adalah:

1. Jamur Kancing atau Champignon: Jamur kancing (Agaricus bisporus) atau champignon merupakan jamur pangan berbentuk seperti kancing , berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Dalam bahasa Inggris disebut dengan table mushroom, white mushroom, common mushroom atau cultivated mushroom. Biasanya digunakan untuk bahan tambahan membuat pizza, omelet, dan sebagainya.

2. Jamur Tiram: Jamur tiram/ shimeji dikenal pula dengan nama populer Oyster Mushroom dan nama latin Pleurotus ostreatus. Tangkai tudungnya menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Budidaya jamur ini tergolong sederhana dan sangat mudah didapatkan di sekitar kita.

3. Jamur Merang: Jamur ini paling banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur merang telah lama dibudidayakan sebagai bahan pangan karena tumbuhan ini termasuk golongan jamur yang paling enak rasanya dan mempunyai tekstur yang baik.
 
4.Jamur Shiitake: Jamur-shiitake Shiitake disebut juga, Chinese Black Mushroom, Jamur jenis ini sudah dikenal sebagai jamur pangan sejak 2000 tahun silam, terutama di kawasan Asia. Meski pernah diproduksi massal secara industri pada tahun 1940 an, namun sejatinya jamur shiitake sudah dibudidayakan secara tradisional sejak tahun 900 an di Cina. 
 
5. Jamur Kuping :Jamur-kuping / Supa Lemer (Sunda) Jamur kuping terdiri dari 3 jenis yaitu, jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae). Masyarakat tradisional bisa dengan mudah mendapatkan jamur ini dari alam yang biasanya tumbuh pada batang-batang pohon yang sudah lapuk.
6. Jamur Enokitak : Jamur-Enokitake Jamur yang satu ini cukup jarang ditemui di Indonesia karena hanya tumbuh dengan baik di suhu dingin. Jamur yang memiliki nama latin Flammulina velutipes ini tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.

Nah, itu dia jenis-jenis jamur yang bisa mencegah datangnya penyakit HIV dan juga melangsingkan tubuh. Kamu Suka Jamur yang mana.??? hhehe
Tags : ,

15 comments:

  1. sangat bermanfaat sob, ane baru tau jamur yang di skitar kita itu manfaatnya luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas, jamur selain banyak manfaatnya rasanya juga enak ya :)

      Delete
    2. Jocker : Terima kasih mas, jelas sngat luar biasa,, heheh

      Andes: Betul pisan mas, sangat enak rasanya,, hehhe :)

      Delete
  2. wah saya malah baru tau mas kalo jamur2an ternyata bisa mencegah hiv.
    terimakasih atas info barunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay, sama2 mas.. makanya sering2 makan jamur mas,, hahahhahaha

      Delete
  3. banyak banget fungsu dari jamur, tak kirain jamur itu berbahaya karena beracun, rupanya banyak memberikan manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ada jamur yg beracun, tapi tidak semua. asal kita mengolahnya dengan baik pasti tidak akan beracun, hhehe.

      Delete
  4. blogwalking in here kawan http://www.cheathelps31.com/390/

    ReplyDelete
  5. Oh ternyata jamur bisa bermanfaat juga ya untuk pengobatan, makasih mas untuk informasinya, sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, salam sehat dan salam sukses kawan. amiiin.. :)\

      Delete
  6. Wah, info yg menarik... Memang jamur ada yg beracun, dan ada pula yg baik dimakan dan berguna untuk pengobatan. Menurut buku yang saya baca, kalau jamur beracun itu biasanya banyak yg berwarna mencolok..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali, terima kasih atas kunjungnnya,,s alam sehat dan salm jamur, hehehe

      Delete
  7. Ternyata untuk mencegah virus HIV ada di lingkungan kita ya, sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas mas, lebih dekat dan lebih murah lagi,, heheh :)

      Delete