03 July 2015

Puasa vs Penyakit Lambung (Maag)

7/03/2015 | 68 Comments
Bismillah, Salam 21.
Saat bulan suci yang penuh berkah datang menghampiri kita semua, tentunya ini satu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh setiap orang yang meyakini akan kebaikan dan keagungan bulan tesebut. Beberapa hari ini Saya merasakan yang tidak biasanya dengan perut, entah itu karena kosong saat puasa atau memang ada penyakit atau bagaimana, tapi yang jelas kurang begitu paham dan menyebabkan liyeur (pusing), hhe.

Setelah berpikir keras (layaknya orang-orang ulung, :) ) ternyata Saya punya riwayat penyakit lambung, memang belum terlalu parah dan masih dalam tahapan newbie alias belum senior, hhe. Dari review itu juga Saya memberanikan diri untuk sedikit berbagi mengenai Penyakit Lambung yang mulai menyerang keseriusan Saya dalam melaksanakan ibadah puasa.
visia / http://ramlie21.blogspot.com/
Puasa vs Penyakit Lambung, Penyakit lambung atau yang paling umum diderita dengan sebutan penyakit Maag (gastritis) adalah satu penyakit yang sering menyerang orang-orang, biasanya menyerang terhadap orang dengan pola makan yang tidak teratur dan ketidakteraturannya biasanya sudah dalam tahapan akut.

Menurut para dokter ahli penyakit dalam, perut dalam keadaan kosong ini akan menyebabkan asam dalam lambung meningkat sehingga terjadi penyakit yang disebut maag, meskipun penyebab maag bukan itu saja tapi masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu, apa itu maag?
Maag dalam dunia medis lebih dikenal sebagai gastritis, terjadi karena tingginya keadaan kadar asam lambung yang mengakibatkan perut menjadi kembung. Disertai dengan gejala seperti rasa panas pada ulu hati dan bisa sampai nyeri kepala. "Devi Indriasari, S.Gz." 

Apa penyebab maag?
Pencetus maag dapat beragam, antara lain:
- Telambat makan
- Mengkonsumsi makanan/minuman yang dpat meningkatkan kadar asam lambung dan menimbulkan gas
(makanan pedas, berminyak, bersantan, sayuran pahit dan minuman bersoda)
- Daging yang dapat menimbulkan panas pada perut (biasanya daging kambing)
- Faktor psikis (stres)
"Devi Indrisari, S.Gz."

Dari pengertian maag serta penyebabnya, terkadang merasa khawatir dan takut timbul saat kita sedang menjalankan ibadah puasa, salah satu hal yang harus diingat saat mempunyai penyakit maag dan menjalankan puasa adalah jangka waktunya, masih menurut parah ahli biasanya maag ini akan terasa selama lebih kurang 7 hari atau perhitungan satu minggu / awal puasa, setelah itu penyakit maag ini akan terbiasa dengan pola makan yang sangat teratur, dimana kita hanya makan sehari 2 kali, saat berbuka dan sahur, tapi ko tidak sama dengan diri Saya ini??? :'(

Puasa vs Penyakit lambung atau maag adalah momok menakutkan bagi setiap penderitanya, namun kita harus bisa mengingat lebih jelas bahwasannya puasa itu sangat baik untuk kesehatan secara fisik maupun psikis. Sebagai umat muslim tentunya kita harus bangga dengan adanya bulan puasa karena secara tidak langsung dapat menyehatkan diri (fisik dan psikis) serta mendapatkan pahala (karena kewajiban), aamiin.

Intinya penyakit lambung atau apapun itu yang ada dalam diri kita masing-masing jangan dijadikan alasan untuk tidak menjalankan puasa (kecuali orang yang benar-benar tidak mampu untuk menjalankannya).
-selamat menjalankan Ibadah Puasa-
Tags :

68 comments:

  1. Biasanya kalau kena penyakit itu sesudah makan sahur saya miinumin obat maag bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Saya kan tidak biasa minum obat bang, paling obatnya cuman makanan aja, hhe. jadi pas makanan telat akhirnya kambuh dah perutnya, :)

      Delete
    2. saya juga kurang terbiasa minum obat mang makan juga kurang teratur saya mah, parah kan :D

      Delete
    3. Iya parah, hahahaha.
      Parah banget, :)

      Delete
    4. mas marnes sejak lahir emang varah

      Delete
    5. coba makan ubi rebus dikit dan minum yang manis...kalau saya sukanya ubi rebus tambah gula sambil dicolet-colet gitu....minum teh..udah deh...kenyang danbisa bertahan juga.

      Delete
    6. Mbah Dinan: hehe ide bagus kayanya mbah, tapi mesen ubinya harus ke desa Cilembu ini biar mantap markotap, hhe.

      Delete
    7. Assalaam mualaikuum aom Edi. Ngiring icik kibung kang. Wilujeng shaum mugi janten barokah salawasna. Amiin.

      Delete
  2. selalunya saya akan rasa pusing di perut pada pagi pagi tp bila dah berbuka selalu sangat sakit perut & end up makan sedikit sahaja ketika berbuka. btw good info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu bisa sahaja mungkin penyakitnya sudah parah, jadi sangat sakit.
      tarima kasih, :)

      Delete
  3. coba Kang sering maem sayuran yg pait2 seperti Daun pepaya muda hehehe. Saya juga punya kang penyakit Maag, tapi alhamdulillah dgn makan teratur dan minum obat teratur sedikit lumayan lah gak Newbie lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa yang pait kang, haha
      Saya jarang pake obat kang, paling cuman makan teratur aja, sekarang mungkin mau jadi senior kali penyakitnya, hhhe :D

      Delete
    2. wah, ya jangan kang hehehe... coba minum Jamu kang ... :D jgn2 gak doyan sama jamu juga hahahaa...
      Semoga Cepat Sembuh ya kang Penyakit Lambungnya... Aamiin.. :)

      Delete
    3. Istri saya kena penyakit maag sampai sekarang belum sembuh2 juga, padahal sudah berobat kemana-mana!

      Delete
    4. Kang Eka: Aamiin kang, tapi betul pisan eta teh, Saya mah memang tidak suka minum jamu kang, kalau jamu kuat suka. hhahhaha

      Delete
    5. MasKang Bahrudin Udin: wah harus segera diobati lebih lanjut itu biar cepat sembuh, kalau engga beli obat SOMAN 1, insyaallah bisa mengatasi sakit. Berani Coba-Berani Sembuh! :)

      Delete
  4. waktu telat makan penyakit maag selalu datang bagi penderitanya sehingga membuat penderita merasa perih kesakitan. berbeda dengan yang tidak, tidak makan sedikit pun tidak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul,
      untungnya ini juga belum seberapa, cuman terasa dikit-dikit sahaja, :D hhhe

      Delete
  5. selama tidak sakit puasa saja.
    kalo maag nya masih new be mah ingsa alloh makan jadi teratur dan biasanya sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo maagnya udah jadi mastah itu yang berabe ya mang :D

      Delete
    2. Mangs Aduls : Maag na masih anak-belum ada pengalaman ini, hhha

      Delete
    3. Marnes Kliker : Nah kang marnes nu apalan mah Mangs Aduls, hhe

      Delete
    4. pokonya sayamah pengen cager weh. saya punya maag juga baru anaknya. alhamdulillah damang.

      Delete
    5. Mangs Aduls: hahahaha, meni maksa eta si amang, ngalawan anak nage ges ripuh nya mangs, komo dai bapak na, hahahaha
      syukur upami atos damang mah atuh. :D

      Delete
  6. Intinya penyakit lambung atau apapun itu yang ada dalam diri kita masing-masing jangan dijadikan alasan untuk tidak menjalankan puasa...

    benar sekali ... sudah banyak sekarang ini anak2 muda hanya karena maag ringan dijadikan alasan untuk tidak berpuasaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sadaaap banget komennya Pa Ustadz ini, hhe
      Betu-betul, Sakit jgn dijadikan alasan yg berlebih utk tidak puasa, :) :)

      Delete
  7. Jadi salut sama Mas Ramlie, biarpun dalam keadaan sakit tetap semangat menjalankan puasa. Semangat Mas Ramlie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saluut mah makanan yg suka iklan di Tv mas, hhe
      Biasa kan sakitnya belum parah, masih newbie, hhe :)
      terima kasih mas. :)

      Delete
    2. eh ada juga toh penyakit newbie :D

      Delete
    3. yeeh ktingglan info brarti kang yanto

      Delete
    4. MasYanto: ada atuh mas, ini malah penyakit yg baru dirilis dan akan segera menyebar, hhha
      --------------------
      Mangs Aduls: Mas Yanto kalau TV nya dijual kaya gitu mang, jadi banyak ketinggalan info, ahhahaa

      Delete
  8. Alhamdulillah jarang sakit lambung, tapi kalo sariawan sering. (ada hubungannya ga sama asam lambung lebih?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur atuh ya mas, :)
      kurang tahu ya mas, tp mungkin bisa aja gara-gara asam lambung jadi ke mulutnya juga asam, langsung kering, hhhe

      Delete
  9. Berdasar pengalaman istri saya, berkat puasa ramadhan penyakit maag malah berangsur berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, memang puasa bisa menyembuhkan penyakit maag, Saya sebenarnya ini baru terasa aja, sebelumnya memang engga. :)

      Delete
  10. saya kemarin mengalami sakit perut juga...makanya saya mengurangi makanan yang banyak mengandung asam dan meminum air teh untuk menjaga stamina, termasuk meminum es buah agar segar mbak...coba minumin cincau...itu akan ampuh dalam mengurangi asam lambung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betu, intinya tidak boleh makan terlalu banyak ya mbah, apalagi sampe rakus, hehe.
      wah cincau mah cocoknya siang-siang mbah, itu baru adem, hhhe. :)

      Delete
    2. saya jadi kepingin nih sekarang

      Delete
    3. Cincaunya di buat es apa mbah,! Apa di buat kolak!

      Delete
    4. MasYanto: kepingin apa mas, terbang pake cincau maksudnya? hahahaha

      Delete
  11. iya sih mas,penyakit maag emang yg paling sering terjadi pada saat puasa.
    tp itu tidak dapat dijadikan alasan untuk meninggalkan ibadah tersebut.
    selamat njalanin puasa juga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menjalankan Ibadah Puasa Juga Kang Yanto :D

      Delete
    2. MasYanto: betul mas, jangan dijadikan alasan untuk tidak beribadah, :)
      iya mas hatur nuhun tarima kasih. :)
      (masyanto lg nyambung nih komennya) ahhahahaha

      Delete
  12. penyakitt ini memang selalu jadi momok bagi yg menjalankan Ibadah Puasa ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya betul mas, tapi memang sebenarnya puasa itu bisa menyembuhkan penyakit tsb, meskipun pada akhirnya harus berjuang dulu. :)

      Delete
  13. Ternyata faktor stres juga berpengaruh terhadap penyakit lambung ini ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, malah katanya stres yang terus berkelanjutan akan memperbanyak asam lambung dan membuat maag biasanya akan parah, katanya. hhahhaha

      Delete
  14. biasanya kalao dibuat berpuasa, sakit maag bisa sembuh dengan sendirinya.
    Para dokter dibuat bingung karena belum mengetahui apa yang menyebabkan bisa demikian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Saya setuju ini, saya juga merasakan seperti itu memang terasa sakit tapi setelah bberapa sakit lambung Saya malah kembali terasa lebih kuat, :)
      Nah itu hebat dan ajaibnya puasa, :) :)

      Delete
  15. Penyakit maag adalah penyakit yang umum diderita oleh anak kos. Hehe. :))

    Alhamdulillah, dulu selama kos makan nasinya "cuma" pagi dan sore, tidak terjangkit penyakit maag. :)

    Semoga lancar puasanya. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju,
      Tapi biasanya kalau anak kos itu sering diberikan banyak keberuntang dan terhindar dari penyakit, hahha.
      terima kasih mas AliefNK, :)

      Delete
  16. kalo aku suka minum promaag setelah sahur mas :) jadi bisa puasa deh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum obat dunk, hhe
      Kalau Saya itu sebenarnya jarang menggunakan obat, kecuali hal2 yg urgent, hhhe
      Selamat ya uda bisa puasa mbak, :v ahahaha

      Delete
  17. Alhamdulillah masih lancar puasanya. Dengan berpuasa, bisa jadi malah sembuh sakit lambungnya.
    www.1sthappyfamily.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur kalau masih lancar mah Mbak,
      Wah betul itu, buktinya Saya sekarang sudah sehat lagi, mungkin kemarin mah perkenalan aja antara lambung dan puasa, hhe
      salam happy :) :)

      Delete
  18. Replies
    1. Tidak masalah, santai saja kang Tebe, hhhe
      salam Mampir kang, :)

      Delete
  19. syukur lah saya gak punya riwayat sakit maag..
    :)

    ReplyDelete
  20. Itu penyakit satu paket mas..hee

    ReplyDelete
  21. Itu penyakit saya kalau bulan ramadhan mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakit langganan saat ramadhan tiba, hhe :)

      Delete
  22. Saya juga terkena tuh penyakit maag.. Tapi penyakitnya lebih parah lagi kalo lagi jomblo mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahahahahahha, boleh boleh nih. hhha

      Delete
  23. Penyakit maag kalau sdh parah bisa berbahaya gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, tapi alhamduilah saya maag nya masih dlm keadaan newbie, hhhe

      Delete