02 July 2013

BAHAYA Tidur Lewat Dari Jam 12 Malam

7/02/2013 | 23 Comments
Hobi saya adalah tidur dan makan, hehhehe.
Tidur adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuh demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur di atas jam 12 malam, ada banyak risiko kesehatan yang mengancam. Dan informasi ini saya dapat dari Medical Daily berikut ini.

Jam biologis tubuh
Jam biologis tubuh merupakan sebutan bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Jika Anda kerap tidur di atas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

Insomnia
Karena terbiasa tidur di atas jam 12 malam, Anda bisa menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Jika dibiarkan, saat bangun Anda menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

Produktivitas
Tidur di atas jam 12 malam artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Akibatnya, saat berada di tempat kerja, Anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas. Selain itu, mengantuk juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan saat Anda melakukan perjalanan dari dan ke tempat kerja.

Sistem imun
Sehubungan dengan jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, kinerja otak ikut terhambat mengenai masalah ini. Tidur di atas jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

Penyakit kardiovaskular
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Artinya, jangan tidur di atas jam 12 malam jika memang ingin memenuhi jadwal tidur harian dan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Kanker (Bukan Kantong Kering) hehhehe.
Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

Obesitas
Selain melatonin, hormon pengendali nafsu makan juga mengalami gangguan ketika Anda suka tidur di atas jam 12 malam. Sebab tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil. Padahal kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas.

Sepertinya saya akan terhindar dari semua penyakit diatas ( sSombong), mudah2n saja amiinn..
Karena saya selama ini tidurnya tepat waktu selalu.. :)
Bagaimana dengan Kamu kawan..???
Tags : ,

23 comments:

  1. biasa nya kaum laki2 yg suka begadang dan tidur mpe larut

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia biasanya memang kaumlaki2, tapi perempuan juga ada kan..?? heehe:

      Delete
  2. bener banget sobat, jadi jangan biasakan tidur larut malam, nanti matanya bisa sembat kehitaman karena sering begadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul tuh sob, betul sekali, matanya juga nanti jadi tambah beasr.. heheh

      Delete
  3. ternyata bahaya juga ya tidur kelewat sampai jam 12 ,makasih gan buat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul bahaya..
      sama2 mas, salam sehat dan sukses.. :)

      Delete
  4. Benar Mas, dulu saya punya kebiasaan buruk bergadang sampai larut malam yang pada akhirnya membawa masalah pada kesehatan. Tadi malem semaleman malah gak tidur Mas, terpaksa soalnya...haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang ajj pak guru, masuk sekolah mah masih lama..
      jadi ga usah buru2 untuk mikirin pelajaran buat siswa.. hehhehe..

      Delete
  5. waduhhhh sayah setiap malam tidur diatas jam dua balas malam,hadeuhhh bahaya atuh euyyy,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tentu att juragan, itu bisa bahaya. maka na kudu hati2.. hehhe

      Delete
  6. Tah kumaha dengan sayah kang Ramlie !?, sayah dari ngora hingga ayeuna masih salalu tidur diatas jam 12 malam, tapi teu aya pangaruh kana salira sayah yeuh heuheuheu (mudah2an moal nanaon nya kang...!).

    ReplyDelete
    Replies
    1. panginten teu acan aya karaos na we, hehheh..
      tapi mudah2n ulah nya Abah,, hhehe.. nuhun kunjungnnya.. wilujeung Saum.. :)

      Delete
  7. wahh ternyata ga bukan kata bang haji doang yg bilang begadang itu ga berguna klo tiada artinya...

    artikelnya bagus gann,, seneng saya membacanya...

    salam kunjungan kembali yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan serta pujiannya,
      mudah2n bermanfaat untuk kita semua amiin..
      salam sukses dan sehat.. :)

      Delete
  8. Wah, gawat mas. Saya tidur selalu lewat jam 12 malam. Ternyata rentan terhadap berbagai resiko. Terima kasih sharenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus hati mas, hhehe..
      selamat menjaga kesehatan mas, saya juga sedang belajar untuk hidup sehat, hehehe..

      Delete
  9. Wah bahaya juga yah mas kalau tidur terlalu larut, makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, ini berbahaya.. hehhe..
      Mudah2n bermanfaat.. :)

      Delete
  10. Wah nie mah gw banget nie hehehe...
    Kebiasaan buruk yang udah menjadi kebiasaan, malahan kalo buat ane mah jam 12 mah masih mendingan, rata-rata ane tidur diats jam satuan tuh...apalagi pas bulan puasa spt sekarang, ini aja ane mah blom tidur sama sekali nie...hadeuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhehe,,
      pandai pandailah menjaga kesehatan dan jangan begadang..

      Delete
  11. waduh bahaya nih, ane tidur sehari kurang dari 6 jam sehari,
    resiko penyakit banyak............

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, betul mas..
      kurang tidur membuat resiko penyakit semakin tinggi, tapi banyak tidur juga berbahaya.. :)

      Delete
  12. ternyata ada bahayanya tidur terlalu malam ya mas, makasih informasinya..

    ReplyDelete