12 May 2015

Jadikan Perbedaan Sebagai Alat PemerSATU !

5/12/2015 | 12 Comments
Perbedaan terkadang menjadi jurang pemisah yang ampuh di setiap hal apapun, setiap perbedaan selalu dihargai dengan pengorbanan pemikiran, aksi, tenaga, dan juga materi karena perbedaan juga manusia di muka bumi ini mempertaruhkan banyak nyawa termasuk dalam keluarga.

Pengorbanan dalam setiap perbedaan memang sudah terjadi sejak lama bahkan berabad-abad lamanya, namun sampai saat ini manusia belum bisa merdeka dari perbedaan yang sudah tua renta. Manusia yang sudah lahir kedunia berjuta-juta generasi belum bisa meruntuhkan kekuasaan yang dipegang teguh oleh sebuah dinasti yang bernama 'Perbedaan'.

Jadikan Perbedaan Sebagai Alat PemerSatu!!!

Sejak manusia pertama (Adam, AS) diturunkan ke muka bumi dan lahir generasi penerusnya disitu pula mulai terjadi perbedaan keinginan antara pembuat generasi dengan yang dibuatnya, sehingga terjadi pengorbanan nyawa pertama. Sejak itu manusia mulai melaksanakan 'tradisi' keinginan perbedaan melalui kehendaknya masing-masing yang menyebabkan dunia ini panas dengan rasa egois yang tinggi.

Perjalanan panjang dinasti dengan kekuatan utamnya 'perbadaan' ini tidak bisa hilang dengan datangnya Nabi, Wali dan Kiyai, bahkan peperangan baik itu antara saudara maupun bangsa-bangsa dunia jelas sudah kita lihat tidak bisa memusnahkan yang namanya perbedaan bahkan perbedaan ini semakin menemukan surganya untuk tetap bertahan dalam dunia modern.

Sampai sekarang perbedaan ini semakin canggih karena memang berada pada jalur yang tepat, dunia modern dan teknologi canggih semakin memperlebar ruang perbedaan dengan sangat tidak masuk akal, orang-orang sudah mulai asyik terjun dalam jurang perbedaan yang semakin mendarah daging pada setiap makhluk yang namanya manusia.

Bukan harus membenci yang namnya dinsati perbedaan, karena sebaliknya dunia tanpa perbedaan hampa, sepi dan mungkin tidak akan pernah berarti. Tapi sebagai manusia yang yang diciptakan paling sempurna diantara makhluk ciptaan-Nya, kita wajib bisa meminimalisir yang namnya perbedaan. Perbedaan tidak harus dihilangkan namun harus benar-benar dijaga agar perbedaan ini sesuai dengan jalurnya, bahwasannya perbedaan ini harus bisa membawa indah dan berkah bukan sebaliknya membawa bencana sehingga kita dengan mudah dan sukarela menyentuh api neraka.

Jadikan Perbedaan Sebagai Alat pemerSatu!!!!
Salam Perbedaan, Satukan Dengan Perjuangan Bersama.
Bhineka Tunggal Ika. 
Tags :

12 comments:

  1. Sepakat mas, perbedaan bisa menjadi pemersatu asalkan kita tak mau di adu domba :)
    Merdeka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul,
      Adu Domba by Rhoma Irama, hhe

      Delete
    2. Mas Ramli pasti hafal dong lagunya hehe

      Delete
    3. dipaksain hafal mas, hhhe

      Delete
  2. Setuju kang ramli. karena berbeda kita bisa saling melengkapi..

    ReplyDelete
  3. Cigah lalaki jeung awewe.. Bisa jadi satu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhun nyeta a, sae alumni eSDeBe iyeuuh. :)

      Delete
  4. jadikan perbedaan suatu keserasian bukan suatu perselisihan
    agar hidup tentram,aman dan damai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wetul mas,
      tentram, aman, dan damai itu emang Indah, :)

      Delete
  5. Dunia tanpa perbedaan ga bakal ada cerita

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, tanpa perbedaan hambar. hhe

      Delete