10 April 2013

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

4/10/2013 | 43 Comments
Sebagai cinta saya terhadap tidur siang, maka dengan ini saya akan berbagi. Tidur merupakan salah satu solusi yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh  setelah seharian beraktifitas, ini jelas lebih baik daripada hanya sekedar mengkonsumsi vitamin/suplemen untuk mendongkrak supaya tubuh kita selalu fit. Namun, bagaimana dengan tidur siang.?
Segala sesuatu pasti ada postif dan negatifnya, dan kita harus bisa mengetahui mengenai positif dan negatifnya sesuatu hal agar lebih bermanfaat untuk kita sebagai orang yang mengerjakannya. Termasuk dalam tidur siang yang ada manfaat dan bahayanya. Tidur siang biasanya dilakukan dimana saja dan secara spontan karena waktunya yang cukup singkat.

Manfaat tidur siang menurut dari berbagai sumber:
  1. Meningkatkan daya ingat: Ternyata tidur siang sangat baik buat kita yang sering lupa alias pikun hhe. Tapi, dengan aturan tidur selama 45 menit atau kurang (tidak boleh lebih dari 45 menit) dan harus continue (tidak mungkin tidur siang sekali langsung tidak pikun, hhe)
  2. Meningkatkan Produktifitas: Tidur siang juga bisa memberikan kita supaya lebih konsentrasi dan produktifitas dalam masalah pekerjaan. Untuk orang yang bekerja, tidur siang ini bisa menurunkan resiko gangguan jantung sebesar 64% dan untuk pengangguran sebesar 36%, yang tentunya akan membuat kita lebih fokus dan produktif dalam bekerja.
  3. Menurunkan Stress: hormon Koristol merupakan hormon yang menyebabkan stress pada setiap manusia. hasil penelitian : Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.
  4. Mencegah penyakit Kardiovaskular: Kardiovaskular ( Jantung dan stroke) dua penyakit yang tingkat kematiannya masih tinggi didunia. Hasil dari Penelitian : Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan 'kepala berat'.
Inilah beberapa manfaatnya, meskipun saya belum merasakan semua manfaatnya. Namun saya yakin kalau tidur siang itu memang bisa menyehatkan. Dan hal yang Pribadi saya rasakan setelah tidur siang ini memang cukup banyak dimulai dari badan kembali segar, stamina seakan bertambah, mengurangi tingkat stress (runyam) dan membuat saya merasa sehat, Ini semua harus dilakukan secara konsisten.
Tags :

43 comments:

  1. loh....setau saya manfaat tidur siang biar stamina kembali normal. ternyata byk juga yah manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stamina kembali normal berrarti persis dengan yg saya rasakan.. hehhehe (ngopy)
      Yoiii, memang banyak mbak.. :)

      Delete
    2. betul mas stamina kembali normal sehingga lebih fit

      Delete
  2. wah ternyata tidur siang ini banyak manfaatnya sobat
    saya baru tahu nih
    terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sobat banyak sekali..
      makanya itu saya berbagi,, hehhe..
      sama-sama, terima kasih kembali sudah singgah :)

      Delete
    2. yup betul mas edie ramli terimakasih telah berbagi :)

      Delete
    3. hehhehe, okay mas, sama2, mudah2n bermanfaat.. amiin..

      Delete
  3. hehehe, aku klo abis pulang kerja, kadang2 tidur siang, tpi suka bablas sampe sore Pak xixii, kira2 baik gak yah bagi kesehatan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehh,
      segala sesuatu yang kebablasan(berlebihan) itu ktidak baik Pak Guru,, hahahhaha.. (kata Ustadz)

      Delete
  4. Memang kelihatannya bener soB. Tidur siang paling gak 1 jam saja. Soalnya saya kalau tidurnya bablas lebih dari 1 jam, bangun tidur badan malah terasa berat. Begitupun kalau tidurnya sesudah Ashar, bangun tidur badan juga malah terasa berat, terasa lelah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beanr tuh Pak Guru, saya juga kalau terlalau lama tidurnya suka pusing dan pgen ngamuk trs,, hahahhaha..
      jadi harus sedang dan tepat.. ;)

      Delete
  5. waduh bermanfaat banget nih infonya, tapis sayangnya saya gak pernah ada waktu tidur siang gan selain hari minggu. rugi banyak nih jadinya kalo udah tau banyak manfaatnya gitu.
    terimkasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat Mas Andes >>> tdur siangnya harus dicoba tuh mas.. supaya lebih rileks kerjanya.. hhehehe
      terima kasih.. :)

      Delete
  6. lagi ndak ada kerjaan, mending main2 di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bole aja,,,
      asal jangan maen kotor2n aja mbak.. hehheh.. :)

      Delete
  7. aktivitas yang menyenangkan adalah tidur,, dan ternyata tidur siang banyak juga manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-tul-tul..
      terima kasih atas kunjungannya.. :)

      Delete
  8. yup mas....kalo libur....saya manfaatin banget siang hari untuk ngukur bale hehehe... :)
    trims massdh ngingetin ke kita kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhhheee,,
      bukan ngukur bale mas, tapi olahraga pernafsan,, heheh..
      sama-sama mudah2n bermanfaat.. :)

      Delete
  9. kayaknya sudah layak tuk dicoba nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layak pisan dan harus dicoba.. hhehehe.. :)

      Delete
  10. artikelnya menarik untuk dibaca. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih..
      salam perkenalan juga untuk anak desa,, heheh. :)

      Delete
  11. Wah padahal aku gak pernah tidur siang nih, makasih sob buat infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sekarang dicoba untuk tidur siangnya.. heheh
      sama-sama, mudah2n ada manfaatnya.. amiiin.. :P

      Delete
  12. Replies
    1. terima kasih telah rajin datang ke halaman rumah saya,, ehhehehe..
      salam mlm..

      Delete
  13. saya senang sekali tidur siang tapi sekarang tidur siangnya dikampus hehe
    saya udah follow bang follow back yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe,,
      oke sobat sip dech..
      terima kasih yah partisipasinya..
      sukses :)

      Delete
  14. wah, dapat info baru nh, jd tw hrus set brp lama tdur siangnya,, thanks udh share info na.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehehe,
      ia nh mbak infonya seperti lagu lama kaset baru.. jheheheheh..

      Delete
  15. setuju banget nih, tapi sayang e di kantor gak boleh tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      tidurnya dikursi saja sambil duduk.. liat kaya di picture saja,, wkwkwk ?:)

      Delete
  16. okaylah klo begitu, mari tidur siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhehe, sendiri saja tidur siangnya jgn ngajak2 saya mas.. ehhe

      Delete
  17. sehat banget dah, tapi jangan lama-lama tidurnya, nanti malah lemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan cocok sekali.. heheh
      terima kasih.. :)

      Delete
  18. oh..gitu yah....di coba ah...walaupun tidurnya terpaksa di kursi hihih...

    ReplyDelete
  19. Emang disetiap manusia tertidur itu ada manfaatnya gan.... mungkin ada sewaktu" yang tidak diperbolehkan.... postingan yang bermafaat, visit juga ya www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas,,
      Terima kasih atas kunjungnnya.. salam sehat..

      Delete
  20. nice

    (ilmanmuttaqin.student.ipb.ac.id)

    ReplyDelete
  21. Manfaat Tersembunyi Tidur siang yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete