Cara Mengatasi Stress yang Berkepanjangan

Diposkan oleh Kategori: Date
Selamat Tahun baru 2013, (TELAT)
Sudah lama saya tidak posting, sekarang terinspirasi dari masalah yang saya hadapi beberapa pekan kebelakang yaitu mengenai stres (jarang posting karena ada sedikit pusing alias stres, heheh dan masih belajar profesional) jheehehehhe.


Dalam kehidupan yang kita jalani dan begitu indah ini pasti ada saja hal yang membuat kita menjadi bosan, jenuh, bahkan menimbulakan stres, dari stres yang biasa hingga stres luar biasa. Itu memang resiko untuk kita yang menjalankan roda kehidupan secara normal (memang ada yang tidak normal?), dari sekian banyak penyakit yang menimpa kehidupan normal pada umumnya stres merupakan hal yang menakutkan dan dapat membunuh seseorang secara perlahan-lahan dan tanpa kita sadari pula stres berkepanjangan akan menimbulkan trauma yang cukup mendalam.



Banyak cara dan penelitian yang telah dilakukan untuk meredam salah satu penyakit yang tak berbentuk ini namun membahayakan dan mematikan. Dengan cara ini dan itu, bahkan dengan cara ini yang luar binasa (salah) biasa, serta cara itu yang luar biasa pula. Ramlie' akan mencoba berbagi tips bagaimana cara mengatasi stres ( kebetulan saya juga sedang stres nh) jhehehe.

Ini beberapa cara mengatasi stres yang saya baca dari sana dan sini serta dari pengalaman saya dan saran dari teman-teman terdekat dan terjauh, heeuueueue.
  1. Lakukan pemijitan pada tubuh, karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, kita akan mengalami perbaikan kualitas tidur untuk memulihkan kualitas tidur kita juga.
  2. Setelah yang pertama diatas, kita jangan lupa untuk berolahraga mungkin seminggu 3 kali atau setiap hari dengan durasi yang tidak terlalu lama sekitar 15-30 menit, termasuk jalan santai tanpa sendal.
  3. Seandainya mempunyai waktu luang (sabtu dan minggu) coba untuk berjemur di pagi hari dan jangan lebih dari jam sepuluh setiap paginya. (sekitar jam 08.00 / 09.00) tergantung mataharinya muncul atau tidak, jangan musim hujan terus berjemur, jheheueuheehhe..
  4. Lakukan hobi yang kita senang meskipun tidak terlalu sering, misalkan memancing, sepak bola, voli, panjat tebing, renang di tengah laut tanpa pelampung (bunuh diri itu mah) hheueueheheh.. Karena ini akan membuat otak kita menjadi enteng (soalnya hal yang kita suka terlaksana).
  5. Minum, ini masukan penting buat tubuh, karena sekitar 60%  bahkan lebih tubuh kita mengandung cairan apabila kekurang maka akan fatal. ini merupakan hal terpenting selain masukan nutrisi berupa makanan pada tubuh.
  6. Merenung atau bahasa mantapnya itu Meditasi. Ini bisa membuat kita menjadi lebih nyaman dan ringan. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu. Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stres.
  7. Seks, buat yang sudah menikah ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi (saya kan masih bujang). menurut para dokter seks itu salah satu cara luar biasa untuk meredam timbulnya stress. Bagaimana dengan yang masih bujang? Puasa adalah tipsnya.
  8. Tidur, kebutuhan yang tidak kalah pentingnya adalah tidur. Saat kita kurang tidur meskipun dalam keadaan tidak ada masalah sama sekali biasanya urusannya suka jadi RUNYEM saat kita bangun. Betul..??? maka lakukan tidur yang cukup, mungkin untuk orang dewasa itu sekitar 7-8 jam.
  9. Ibadah, ini merupakan dari serangkain hal yang paling penting. memohon dan meminta, serta mengembalikan keadaan kita seperti sedia kala dengan usaha dan doa kepad Allah SWT.
  10. Yang ke sepuluh saya mau mengucapkan terima kasih karena telah membaca tips sederhana saya ini, karena kalau kepanjangan saya bisa kambuh lagi pusingnya, heueheheu. Nanti kembali seperti pekan-pekan kebelakang, gkgkkgkgkgk

    Mudah-mudahan bermanfaat, kembali lagi pada diri kita masing-masing bagaimana cara kita untuk menyikapainya dan bagaimana cara kita untuk menyelesaikannya.

11 komentar:

  1. kalau saya udah nemuin gejala itu...langsung minta di pijitin sama is3 mas....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jhee,,
      ia bener tuh,,
      enak kalau di rmh ada yg jago mijit mh.. :)

      Hapus
    2. spesial juga jadi suasananya mas :)

      Hapus
  2. wah oke banget nih sb tips nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sob,, salam sukses yah.. :)

      Hapus
  3. klw aq sich mending makan , trus tidur. ilang stress nya dechhh.. heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahhh, emg itu mh hobi na makan ajj kali mbak Indah mh.. :)
      Terima kasih yah mbak.. :P

      Hapus
  4. Masuk ke ATM, trus jalan-jalan deh,, obat ngilangin stress dan awet muda, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ini sih yg lebih cocok mah.. wkwkwkwk..
      thans sob.. :P

      Hapus
  5. Saya biasa lakukan point nomor 6. tapi saya ganti dengan zikir, baik duduk, lagi di motor, angkot, dimanapun saya lakukan zikir biasanya lampu merah berlama-lam juga rasanya santai aja krn zikirnya nambah hehe. thx share sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah c akang mantaap dech...
      Dua hal penting didunia itu Dzikir dan Mikir..
      keduanya jalan pasti aman tanpa stress,, jheheh

      Hapus
Say Something About that.!!!

Back to Top