20 April 2013

Stigma (Anggapan Buruk) Mengenai Tidur Siang

4/20/2013 | 30 Comments
Segala sesuatu itu memang ada hal positif dan negatifnya, sama halnya dengan tidur siang yang banyak memberikan manfaat dan bermanfaat untuk kesehatan, namun ada juga berbagai hal negatifnya dan kita harus benar-benar bisa memilih mengenai dampak negatifnya tidur siang untuk kesehatan. Walaupun banyak riset telah menunjukkan bahwa tidur siang merupakan cara yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan, ternyata masih ada stigma-stigma yang dikaitkan dengan tidur siang dan membuat bingung antara tidur siang dan tidak tidur siang. Diantaranya, yaitu:
  1. Tidur siang menunjukkan sifat malas, kurang berambisi, dan standar rendah.
  2. Tidur siang hanya untuk anak-anak, orang sakit dan manula. 
Meskipun pernyataan-pernyataan di atas salah dan membuat bingung, masih banyak kalangan yang perlu diberi penjelasan tentang manfaat tidur siang. Penelitian terkini dalam jurnal riset "Sleep" menguji keuntungan tidur siang berdasarkan lamanya tidur siang dan tanpa tidur siang. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 menit memberikan manfaat terbesar dalam bentuk mengurangi kantuk dan meningkatkan kinerja kognitif.
 
Tidur siang selama 30 menit atau lebih akan memungkinkan menyebabkan inersia tidur, yaitu periode mengalami grogi yang kadang terjadi setelah tidur. Saat ini kita dan kamu mungkin memikirkan cara untuk memasukkan tidur siang dalam jadwal rutin sehari-hari. Ingatlah bahwa tidur yang cukup secara teratur adalah cara terbaik untuk tetap terjaga dan dalam kondisi terbaik. Tetapi ketika lelah datang, tidur siang sejenak dapat memberikan keajaiban bagi stamina mental dan fisik.
 
Biarkan anggapan orang lain mengenai baik dan buruk, namun segala sesuatunya kembali kepada pribadi kita masing-masing sebagai orang yang paling berhak menentukan baik dan buruknya kasehatan. Salam Sehat, Healty Life Ramlie' 21.
Tags :

30 comments:

  1. nu pastimah sare berang teh ngenah komo ges dahar hela mah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh pisan,,
      pas kena kana hate nu kitu mh.. cocok..

      Delete
    2. bener pisan Rull,,hehe satujulah komo sarena teh dihandapeun caringin wuih tiiiiss pisan

      Delete
    3. handapen caringin mah att RIRIWA meren kang dulur.. galakgak.. mengelay akh.. :P

      Delete
  2. Wah begitu yaa... bru tahu nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia begitulah katanya mas.. hehhe :)

      Delete
  3. klw saya harus mas.....krn tengah malam harus bangun......melaksanakan kewajiban sebagai Hamba Tuhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah rajin yah mabak indah ini..
      Mudah2n jadi istri yg solehah.. amiinn.. :)

      Delete
  4. Kalau saya tidur siang itu kecuali ngantuk banget baru saya laksanakan bang..hahahyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe, tepat banget kalau begitu mh.. hehhe..
      salam siang mas Icah :)

      Delete
    2. hay hay hay,kalau nggak ngantuk ngapain tidur hay hay hihihi

      Delete
    3. Bener pisan kang dulur... hehhe

      Delete
  5. ya betul nih, kalau tidur siang, malam nya nggak bisa tidur, tapi kalau capek harus tidur siang, nanti malam nya nggak bisa tidur, serba salah..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhehheheh,
      itulah susahnya sebuah pilihan untuk kebaikan mas,,, hehehe. terima kasih.. :)

      Delete
  6. kalo saya tidur siang soalnya malamnya udah gak tidur bang
    hahay

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhheeh,,
      tandanya nagntuk banget itu mah mas.. :P

      Delete
  7. Tidur siang kalau lagi kangen buat tidur siang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi kangen bantal yah mbak,, jhehhhe..

      Delete
    2. kangen ma siapa tuh hahaha

      Delete
  8. jrg tidur siang, rasul jg nganjurin tidur siang tp jgn lama2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dan tepat sekali mbak..
      terima kasih,, salam sukses :)

      Delete
  9. apalagi kalau kerja berat, tidur siang bisa mengembalikan tenaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan tepat sekali mas.. hheheh :)

      Delete
  10. perasaan udah ngomen ...nyangkut di mana ya :)
    #hadir pagi.... nggak bisa tidur siang kang hari ini...soale lagi nyawah nih.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomen na ga pake sinyal jadi ga nyampe kalee mas.. hhehehe :P

      Delete
  11. Saya pernah nyoba tidur siang eh malah nggak bisa tidur, mungkin belum terbiasa kali ya hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala sesuatunya harus terbiasa, meskipun awalnya dipaksa.. hehueue.. kata pepaatah.. :)

      Delete
  12. klw mata ndak tinggal 5 watt mau gimana lagi, ya mending tidur. klw dipaksain kan bahaya, apalagi naik kendaraan. bener kan? .....Kannnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan bener pisan dech,, (takut ngamuk) hehhehehe..
      kalau bawa kendaraannya sambil ngantuk, pasti kendaraannya langsung nyasar.. hheueu

      Delete
  13. Makasih kak infonya,,,
    tidur siang membuatq tak bsa tdur mlam,,,

    ReplyDelete