20 September 2012

Albasia Falcataria, Jengjen

9/20/2012 | No comment
Albasia Falcataria,
Bahasa Inggris : Molucca albizia, white albizia
Melayu : Batis, kayu Macis
Filipina : Falkata
Indonesia : Albasia, Jeungjing (Sunda), sengon sabrang.

Jenis pohon yang satu ini memang sedang di budidayakan oleh banyak petani di Indonesia, pohon yang cara penanaman dan perawatannya cukup mudah dan dalam jangka waktu yang relatif cepat bisa menghasilkan uang. Ini merupakan investasi real yang sedang di budidayakan di daerah-daerah pelosok di seluruh Indonesia, nama pohon yang sering kita kenal dengan albasia ini sekarang memang sedang merajalela (kalau di Sunda Jeungjing, Jenjen atau Jengjen) karena selama kurun waktu lebih kurang 3 tahun sudah bisa menghasilkan, dan harga pasarannya pun tidaklah murah, malah sekarang sudah meningkat.

Untuk di wilayah saya saja yang menanam pohon albasia ini banyak, dan mungkin tidak terhitung jumlahnya. Termasuk saya ini yang sedang belajar dengan orang tua mengenai pohon jenjen, jhe. Supaya menghasilkan pohon albasia yang bagus dalam penanamannya harus diatur, jangan terlalau berdekatan, karena itu akan menyebabkan pohon tersebut kurang dalam pertumbuhannya, bukannya besar malah tetap saja kecil bahkan mati.

Sekarang, inilah salah satu bentuk investasi yang sedang di gemborkan di daerah pelosok, khususnya oleh para petani. bahkan banyak orang2 yang mempunyai banyak tanah di daerahnya sekarang beralih untuk menanam salah satu jenis pohon yang satu ini, karena dinilai ini merupakan investasi yang cocok untuk daerah yang tanahnya luas dan khususnya buat daerah pelosok (kalau di kota mana ada tanah luas)

Tags :

No comments:

Post a Comment