27 October 2012

Pantai Jayanti Cianjur Selatan

10/27/2012 | 10 Comments
Sebagai negara kepulauan Inonesia tentunya mempunyai banyak pantai yang indah-indah, kamu pasti tahu pantai Kuta di Bali, Parangtritis di Yogyakarta, Senggigi di Lombok dan banyak lagi yang lainnya. Saya pun punya pantai yang nanti akan banyak dikunjungi dan menjadi tempat wisata terkenal saat pembangunan Jawa Barat bagian selatan dimulai. Bahkan banyak pantai yang berpotensi menjadi tempat wisata besar saat Jabar bagian selatan benar-benar dibangun, saya akan memberikan informasi mengenai pantai satu persatu, termasuk buat kamu yang memang suka dengan pantai, akan saya posting pantai-pantai di Cianjur bagian selatan dan sekitarnya yang pernah saya kunjungi.




Pantai Jayanti adalah pantai yang terletak di Desa Cidamar, kec. Cidaun, Cianjur Selatan. Paling terkenal di Cianjur selatan bahkan Indonesia (bohong qtang) jheu, banyak orang yang berkunjung saat mereka menghabiskan waktu liburan diakhir pekan bahkan dihari-hari libur seperti hari raya Idul Fitri dan tahun baru. Akses menuju pelabuhan / pantai Jayanti ini cukup mudah, bisa menggunakan jalur utama Cianjur dengan waktu sekitar 4-5jam dan harus menempuh jarak sejauh 145km ke arah selatan dari Cianjur Pusat. Buat kamu yang ada di Bandung kamu bisa menggunakan lintas Ciwidey-Naringgul-Cidaun dan memakan waktu sekitar 4-5jam, dan ini melalui jalan yang sedikit ekstream alias cukup curam dan menakutkan namun Indah.


Keindahan pantai Jayanti ini sudah banyak yang tahu dan bahkan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik Domestik (Paling Buanyak) maupun mancanegara (Sedikit), untuk wisatawan mancanegara kebanyakan mereka datang dari arah Garut-Pameungpeuk-Ranca Buaya-Cidaun, karena untuk wilayah Jabar selatan Pantai Pangandaran masih yang nomor satu diikuti oleh Pelabuhan Ratu serta yang lainnya. Namun, pantai Jayantipun tidak kalah mantapnya, di pantai Jayanti ini digunakan sebagai tempat pelelangan ikan (TPI), kalau berkunjung dan pulangnya ingin membawa ikan kamu datang saja ke tempat pelelangan ikan tersebut dengan syarat harus beli, jhe.

Kawasan pantai Jayanti terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian timur dan bagian barat. Untuk kawasan bagian barat ini kamu bisa langsung terjun dengan kendaraan atau membawa kendaraan ke bibir pantai (motor), dan sebagian besar kawasan barat ini merupakan pasir dan jarang ada karangnya jadi kamu bisa renang (hati2 ombaknya besar) dan pastinya indah. Untuk kawasan bagian timur kamu harus menyebrang dari tempat penyimpanan kendaraan, disana kamu bisa melihat banyak karang dan juga binatang laut yang menghuninya (ikan-ikan kecil) dan dari sini juga bisa naik perahu buat kamu yang ingin merasakan sensai pantai selatan dengan tarif sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,-/ orang. Kamu akan diajak keliling sampai ke tengah lau oleh sang nahkoda perahu, jhe.

Buat kamu yang masih penasaran dengan keadaan pantai selatan khusunya Jayanti, silahkan kunjungi saja dan nikmati keindahannya. Ini akan membuat kamu lebih nyaman dan betah berlama-lama di wilayah Selatan Cianjur. Selamat menikmati keindahan pantai kebanggaan orang Cianjur selatan, mudah-mudahan kamu adalah pengunjung Pantai Jayanti selanjutnya.


Tags :

10 comments:

  1. Indah sepertinya, boleh dicoba kayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, silahkan mas bro berkunjung ke selatan cianur saja..
      refresing.. jhee

      Delete
  2. Ingin ke sana minggu depan. Mhn bantuan info rute dari jakarta via jonggol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cibbur - Cileungsi, Mekarsari - Cariu - Cikalongkulon - Raider 300 - Pasir Hayam, Jebrod - Jalan Lintas Utara Selatan (Jebrod - Jayanti > 125 km).

      teman saya baru pada pulang hari ini, jjehehe.. mampir ke tempat saya lah kang.. :)

      Delete
  3. Pertengahan pebruari rencananya saya beserta rombongan akan ke jayanti. start dari jonggol, harga tiket masuk bus sekarang berapa gan?, skalian minta rute tersingkatnya dong gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tiket dari jonggol ke cianjur kurang tahu tapi saya yakin tidak lebih dari 15.000,- untuk ongkos dari cianjur ke cidaun itu 40.000,- tidak menggunakan Bus, tapi menggunakan Elf, atau kendaraan sejenis travell.

      Jonggol, cikalongkulon, jalan raya bogor (rute baru), pasir hayam, cidaun..
      selamat menikmati cianjur selatan.. sukses selalu..

      Delete
    2. Bukan harga tiket kendaraan gan,
      Harga tiket masuk ke pantainya sekarang berapa, itu juga kalo agan tahu, soalnya saya charter bus dari sini,

      Delete
    3. itu kalo ga salah tidak lebih dari 15 ribu gan,, silahkan saja..

      Delete
  4. Mantepppp...

    Diupdate lagi informasinya Kang Edhie. Spt bagaimana sarana fasilitas umumnya, penginapannya, tempat makan, makanan khasnya, dll yang unik unik... Sehingga membuat traveler dan backpacker berani singgah ke pantai tercinta kita Jayanti ini 😁👍💝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini memang yang sudah lamapau sekali, hhe
      terima kasih mbak Okti Li :)
      Salak Kidul :)

      Delete