15 July 2013

Smartphone Ternyata Membuat Cepat Lelah

7/15/2013 | 14 Comments
Assalamualaikum Wr Wb.
Salam Sukses dan Salam Sehat untuk bulan Suci Ramadhannya, Amiiiin. :)
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kita sebagai penggunanya lupa akan efek yang ditimbulkan dari produk tersebut termasuk dari gadget yang mungkin  sekarang ada dalam genggamannya. Dan ada penelitian teranyar mengenai gadget yag bisa membuat kita kekurangan stamina alias loyo, mau tahu apa tempe nih..?? wkwkwk. Mudah mudahan bermanfaat, amiin. "Dilansir dari Tempo.co"

Smartphone telah menjadi revolusi teknologi terbesar yang membuat akses Internet, panggilan atau hiburan jadi semakin mudah. Sebuah penelitian mengklaim ponsel cerdas ternyata juga berpengaruh terhadap menurunnya tingkat kebugaran si pengguna.

Peneliti dari Fakultas Pendidikan, Kesehatan dan Layanan Masyarakat di Kent State University, Dr Jacob Barkeley dan Dr Andrew Lepp, melakukan penelitian untuk mengetahui tentang pengaruh penggunan ponsel cerdas terhadap tingkat kebugaran dan kesehatan pada mahasiswa. Tidak seperti TV, smartphone terbilang berukuran lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja. Sehingga ponsel cerdas sangat memungkinkan digunakan saat melakukan aktivitas fisik.

Kedua peneliti itu mensurvei lebih dari 300 mahasiswa di pusat kota Amerika terkait penggunaan smartphone dan tingkat kebugaran mereka. Dari kelompok sampel, 49 orang dipilih untuk tingkat kesehatan dan kebugaran.

Hasilnya menunjukkan mahasiswa yang menghabiskan banyak waktu dengan ponsel cerdas, sekitar 14 jam per hari, ternyata kurang sehat ketimbang yang hanya menggunakan smartphone di bawah 90 menit per hari.
Penelitian ini dikatakan sebagai penelitian pertama yang mengevaluasi hubungan antara ponsel cerdas dengan level kesehatan dan kebugaran si pengguna. Penelitian ini dipublikasi dalam jurnal International Journal of Behaviour Nutrition and Physical Activity.

Untungnya saya tidak punya smartphone, hehehe. Tapi kenapa tetap Lemas, Loyo ya..???
Ternyata saya menjalankan Puasa, wlwkwkwkwkw. :)
Tags : , ,

14 comments:

  1. Iya memang semua yang terlalu berlebihan memang tidak bagus yah mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, segala yang berlebihan itu tidak baik.
      termasuk dalam hal gadget, terima kasih kunjungnnya.. :)

      Delete
  2. Saya juga belum punya smartphon sobat, tapi untungnya saya masih tetap bugar dan sehat walaupun berpuasa tidak juga loyo hehehe


    ReplyDelete
    Replies
    1. hheheehe, bagus lah mas kalau masih segar bugar mah, berrti hebat puasanya.. :)

      Delete
  3. Teknologi yang lain semacam smartphone menurut saya juga ada pengaruhnya Bang tehadap kesehatan jika menggunakannya terlalu lama. Katanya sih di depan layar monitor terlalu lama juga bisa berpengaruh buruk terhadap seseorang. Orang yang terbiasa di depan monitor berjamj-jam kalau diajak berbicara dengan orang lain responnya kurang Bang. Katanya sih...tapi menurut saya itu karena memang orangnya lagi konsen lagian juga puasa Bang..lemes...jadinya bengong..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pisan Pak Guru, terima kasih informasinya,, bermanfaat. salam sukses dan salam sehat selalu amiiin.. :)

      Delete
  4. apapun yang sipatnya berlebihan pasti ada pengaruh buruk terhadap penggunanya, jangankan smartphone,buku tulis saja efeknya buruk kalau terlalu lama,iyakan bro hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiz, mantap bgt ni petuah dari sang guru besar masak, hehehe..
      sama kaya makanan kalau terlalu lama bisa basi ya kang brew,, hehehehe..

      Delete
  5. Radiasi layar membuat mata cepat lelah yang berujung kelelahan fisik kali ya, mas Ramlie? nice post....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin seperti itu mas, hehehe
      terima kasih atas kunjungnnya.. :)

      Delete
  6. Lelah, terkadang karena asupan vitamin ke dalam tubuh kita kurang, begitu pula dengan smartphone kan hanya di charge, bisa kembali segar..

    tetaplah menjaga kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, salam sukses dan salam sehat..

      Delete
  7. ane belum pernah pake smartpone gan ,makasih infonya ..jadi lebih tau neh

    ReplyDelete
  8. mungkin karena smartphone terlalu cerdas ya, jadi sipemakainya ndak bisa mengimbangi kecerdasan smartphone itu heheheh... soalnya saya belumpernah punya smartphone ehheeh

    ReplyDelete